Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE Xiaomi yang Hilang

February 15, 2017

Halo guys bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengaktifkan Jaringan 4G pada hp Xiaomi yang tiba-tiba hilang. Langsung saja kita mulai. 

Apakah kamu seorang pengguna smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro? sepertinya tepat sekali karena kamu sedang sibuk mencari ulasan tentang smartphone asal pabrikan cina yang satu ini, seperti yang kita ketahui bahwa produk yang dikembangkan oleh Xiaomi ini mempunyai spesifikasi yang sudah cukup terbilang gahar jika dalam penilaian spesifikasi yang disuguhkan, terlebih harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau jadi dapat di simpulkan bahwa produk dari Xiaomi ini mempunyai harga murah namun speknya tidak murahan.

Namun, ada suatu kendala yang sering ditemui oleh para pengguna smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro, terutama dalam permasalahan jaringan, Redmi Note 3 Pro ini sudah mendukung jaringan 4G LTE, seperti yang kita ketahui bahwa jaringan 4G LTE ini merupakan jaringan tercepat saat ini, tapi sangat disayangkan jika kemampuan jaringan 4G LTE tidak bisa diandalkan lagi bukan?, nah pada kesempatan kali ini saya sendiri akan mencoba membagikan beberapa tutorial langkah demi langkah untuk mengembalikan jaringan 4G LTE pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang hilang.

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini terbilang cukup mudah. Tetapi dari kebanyakan orang menanyakan, kenapa sih jaringan 4G LTE pada Smartphone reno 3 pro bisa hilang? bukan tanpa alasan loh, alasannya yaitu karena xiaomi sendirilah yang sangat terpaksa untuk mengunci jaringan 4G LTE di perangkatnya sendiri dengan tujuan agar tetap bisa berjualan di pasar indonesia, karena seperti yang kita ketahui bahwa
sekarang ini ada sebuah peraturan yang dibuat oleh Pemerintah pada tahun 2016 yang mengharuskan ponsel dengan ketersediaan 4G LTE yang masuk ke pasar indonesia harus menggunakan setidaknya 30% unsur dalam negeri.


Tentu saja hal tersebut di lakukan pemerintah bertujuan agar negara indonesia tidak hanya di jadikan sebuah target pemasaran saja, namun setidaknya vendor ponsel harus belajar berinvestasi, membangun pabrik, mengembangkan software maupun hardware di dalam negeri, sehingga hal ini secara otomatis akan memberikan dampak positif untuk perkembangan masyarakat dalam negeri karena dampaknya seperti memberikan atau bahkan membuka lapangan pekerjaan baru untuk rakyat indonesia itu sendiri.


Begini Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE Yang Hilang di Xiaomi Redmi Note 3 Pro (MIUI 7 / MIUI 8)


Cara Pertama :

  1. Pertama, ketik dial "*#*#4636#*#*" tanpa tanda petik.
  2. Setelah itu pilih "Phone Information".
  3. Lalu gulir ke bawah dan tekan pengaturan seperti ini "LTE/GSM/CDMA auto (PRL)".
  4. Ubah atau atur menjadi "CDMA Only", dan nanti secara otomatis sinyal akan hilang.
  5. Sekarang, masuk ke "Pengaturan - Kartu SIM & Jaringan Seluler - pilih SIM 1 - pilih Jaringan Prioritas - Global", sampai pengaturan ini kamu sudah dapat melihat jaringan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3 Pro.
Catatan : Pengaturan "Global" berarti (Kartu SIM dapat mengakses jaringan 4G LTE, SMS dan juga Telepon), sedangkan"4G (CDMA)" berarti (Kartu SIM hanya dapat mengakses jaringan 4G LTE saja, tapi tidak bisa SMS dan juga Telepon), dan jika Xiaomi Redmi Note 3 Pro direboot, pengaturannya akan kembali seperti semula lagi, jadi kamu perlu mengatur ulang seperti pada tahap diatas.


Cara Kedua :

  1. Pertama, backup file-file penting yang ada pada perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang kamu miliki, untuk sekedar jaga-jaga saja, karena cara ini menggunakan metode "Reset ke setelan pabrik" agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.
  2. Jika sudah melakukan backup, sekarang masuk ke "Pengaturan - Setelan Tambahan - Buat Cadangan dan Setel Ulang - Kembalikan ke setelan pabrik" dan tunggu sampai proses hingga selesai.
  3. Setelah proses "Factory Reset" selesai, jangan lupa untuk mengganti "Local Settings" menjadi "Singapura" atau bisa juga "Malaysia" asalkan jangan memilih "Indonesia".
  4. Selesai, dengan cara ini sepertinya kamu sudah dapat melihat jaringan 4G LTE di perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Cara Ketiga (MIUI 8 Only) :

  1. Masuk ke "Pengaturan - Penyimpanan - Lepaskan Penyimpanan Bersama - OK", ini berguna untuk melepaskan SD Card / kartu memori, untuk sekedar berjaga-jaga.
  2. Setelah itu, siapkan "SIM Ejector" (Alat untuk membuka kartu SIM).
  3. Lalu tancapkan "SIM Ejector" ke "SIM Tray" tapi tidak usah dilepas, biarkan saja terbuka sedikit asalkan kartu SIM sudah tidak terdeteksi lagi.
  4. Sekarang masuk ke "Pengaturan - Info Memori Internal" lalu tekan 5x atau lebih secara berturut-turut, lalu pilih "Phone Information".
  5. Lalu pilih "CDMA Only" dan kembali ke "Pengaturan - lalu pilih Kartu SIM dan Jaringan Seluler".
  6. Masukkan lagi kartu SIM nya, sehingga terdeteksi di perangkat.
  7. Terakhir, pilih nama jaringan pada "SIM 1" lalu pilih tipe jaringan prioritas dan pilih "Global" yang berguna untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE, SMS, dan juga Telepon.
  8. Selesai.
Catatan : Jika perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro milik kamu di reboot, maka pengaturannya akan kembali seperti awal lagi (default) jadi jaringan 4G akan hilang kembali, jika ingin mengaktifkannya kembali, lakukan cara seperti diatas lagi, dan jika tertarik mengaktifkan jaringan 4G secara permanen, gunakan saja MIUI 7 dengan versi "7.3.2.0" kebawah.


Demikianlah artikel kali ini dari saya tentang cara mengaktifkan jaringan 4G LTE yang hilang di Perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro, tentu saja cara ini sangat berguna bagi kalian yang memang sedang kewalahan untuk mengatasi permasalahan jaringan pada smartphone besutan asal China ini, sangat disayangkan bukan, jika jaringan tercepat (4G LTE) yang sedang populer di jaman sekarang ini, tidak dapat di nikmati di perangkat yang sudah mendukung jaringan tersebut. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Sumber : Androidtechnoria.blogspot.com

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

No comments

Silahkan Bebas Berkomentar