Cara Mengatasi Android yang Lemot / Ngelag dengan Mudah

February 13, 2017
Cara Mengatasi Android Lemot - Halo guys bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Mengatasi Android Yang lemot. Android yang lemot bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin anda tidak menyadarinya. Sebagus apapun android kalian jika penggunaan kalian salah atau mungkin tidak disertai perawatan yang rutin, maka lama kelamaan Android kalian pasti akan mengalami penurunan.


Anda mungkin heran kenapa android saya tidak seperti pertama kali membelinya. Android yang lemot mungkin saja disebabkan oleh penggunaan sehari-hari dan tidak diimbangi dengan merawat smartphone anda, contohnya menginstal banyak aplikasi sosial media. Aplikasi sosial media ini memakan cukup banyak ram dan berjalan dilatar belakang. Tanpa basa-basi mari kita mulai cara mengatasi android yang lemot.

Cara Mengatasi Android Yang Lemot atau Ngelag

1.) Bersihkan Cache Sesering Mungkin

Penyebab android yang lemot bisa jadi cache dismartphone anda yang menjadikan smartphone kesayangan anda ini menjadi lemot. Cache memang ada manfaatnya yang akan menjadikan aplikasi menjadi cepat, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot. Saran saya anda rutin membersihkan cache minimal 1 hari sekali agar cache tidak menumpuk. Anda tidak perlu melakukan cara ini dengan manual, gunakan aplikasi clean master yang bisa didownload dari playstore.

2.) Tidak Melakukan Multitasking

Pasti sebagian dari kalian pernah yang namanya multitasking. Multitasking adalah membuka banyak aplikasi sekaligus. Mungkin anda sering mendengarkan musik sambil membuka sosial media atau ngegame, mulai sekarang hentikan. Karena mungkin ini yang menjadikan smartphone Android kalian lemot.

3.) Gunakan 1 Saja Aplikasi Antivirus

Jika kalian termasuk orang yang percaya dengan fungsi antivirus di smartphone Android, sebaiknya kalian pehatikan hal ini. Anti virus hampir sama dengan namanya aplikasi bawaan sistem, antivirus akan terus berjalan di background. Maka dampaknya RAM kamu jadi boros, dan performa Android kamu menjadi menurun dan menyebabkan Android kamu jadi lemot. Kalian bisa bayangkan jika kamu meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di Android kamu, seperti apa jadinya, ya kan?

Makanya, untuk mengatasi Android kamu agar tidak menjadi lemot, sebaiknya gunakan satu saja aplikasi antivirus, demi menjaga agar performa Android kamu tidak menurun.

4.) Selalu Update Software

Setiap kali ada pemberitahuan update software dari hp kalian masing-masing sebaiknya segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang timbul oleh sistem atau aplikasi sebelumnya. Karena bisa  dipastikan update ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya. Meski kadang ditemui kenyataan bahwa setelah update justru semakin buruk, namun pihak pengembang pasti tidak akan diam saja jika memang ditemui ada masalah pada sistemnya. Sebaiknya kalian selalu luangkan waktu untuk memeriksanya di menu Settings ~ About ~ System Update lalu pilih Check for Updates, kemudian segeralah lakukan update jika ada sistem yang perlu di update. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi android yang kamu gunakan. Saat ada pemberitahuan update aplikasi di Google Play Store, selalu luangkan waktu untuk segera melakukan update. Kalian bisa periksa aplikasi apa saja yang membutuhkan update pada tab My Apps & Games di Google Playstore.

5.) Gunakan Aplikasi Greenify

Mungkin kalian belum pernah mendengarnya. Aplikasi greenify adalah merupakan aplikasi yang berguna untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang sekiranya kalian tidak butuhkan dan tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghemat ram di hp android kalian, jika ada aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan kalian tinggal pergunakan saja aplikasi greenify ini agar aplikasi tersebut tidak selalu berjalan di latar belakang, yang kemungkinan dapat menyebabkan android kamu menjadi lemot. Aplikasi ini dapat berjalan dismartphone ROOT maupun non ROOT jadi, kalian gak perlu kawatir jika harus meroot android kamu. Aplikasi ini cukup mudah penggunaan nya. Caranya pertama-tama download aplikasi ini dari play store jika sudah selesai lalu buka aplikasinya dan ikuti tutorial dari greenify. Fitur yang disediakan di versi gratisnya cukup banyak lebih lengkap lagi di versi Pro Pack.

6.) Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu yang membuat Android tampak menarik adalah adanya Widget. Bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android kamu, tapi Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait. Meski membuat Android kamu tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android kamu menjadi lambat. Maka dari itu, sebaiknya kalian kurangi penggunaan Widget agar android kamu tidak terbebani alhasil android kamu bebas dari kata yang namanya Android lemot.

7.) Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Memang banyaknya aplikasi baru di Google Playstore selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya. Dampaknya, ruang penyimpanan di Android kamu menjadi tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna. Maka untuk menjaga agar Android kamu tetap cepat, hapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terpakai atau memiliki fungsi sama tersebut.

Kadang, memang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem. Dan yang menyebalkan adalah fakta bahwa kadang aplikasi-aplikasi bawaan sistem itu terus berjalan walau tidak dibutuhkan, sehingga mengkonsumsi RAM dan memperlambat Android kamu.

Untuk menghentikannya, kamu bisa buat aplikasi-aplikasi tersebut disable, yaitu dengan cara masuk Settings - Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable/nonaktif kan.

8.) Lakukan Factory Reset

Jawaban terakhir adalah factory reset. Mungkin beberapa di antara kamu pasti sudah sering melakukan Factory Reset. Bisa jadi kamu melakukannya hanya karena adanya masalah pada Android kamu. Padahal Factory Reset ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua sampah yang bertumpuk di Android kamu.

Kamu bisa melakukan Factory Reset melalui menu Settings - Backup & reset - Factory data reset.

Itulah guys cara mengatasi android yang lemot. Terima kasih sudah memgunjungi blog ini.

Semoga bermanfaat. 

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

21 comments

punyaku kebanyakan widget kayaknya, juga belom update sistemnya, makanya jadi lemot. sekarang jadi tau, nice info

Balas

Android saya kalo lemot nya kebangetan langsung saya flashing alias factory reset :v soalnya kadang mau dipakein aplikasi apa juga hasilnya tetep lemot

Balas

wah....no 7 maksudnya apa gan...

Balas

memang update software berpengaruh juga ya min ? bukannya biasabya update software size jadi lebih besar dan lebih memberatkan memory ?

Balas

memang update software berpengaruh juga ya min ? bukannya biasabya update software size jadi lebih besar dan lebih memberatkan memory ?

Balas

anti virus emang bener bisa bikin hp enggal lemot?? android saya dikasih anti virus malah anti virusnya yang bawa virus hadehh

Balas

tulisan nya rapihin lg gan gk enak dibaca

Balas

pantes hp aku lemot, ternyata terlalu bnyk widgetnya,, makasih infonya

Balas
This comment has been removed by the author.

artikelnya bagus kak,
ini referensi darimana ya nulisnya ?

Saya juga punya blog tentang Pengetahuan sistem Listr bisa di lihat2 artikelnya gratis >  Pengetahuan Listrik  <  pengetahuan-listrik.blogspot.com

Balas

Ok gan , thanks buat sarannya

Balas

berpengaruh min, kadang smartphone/aplikasi kita ada bugnya lalu diupdate kan jadi normal. Tapi pada beberapa kasus jika diupdate kadang malah jadi lemot.

Balas

Ok gan, Terimakasih telah mengunjungi blog ini

Balas

ok gan, terimakasih telah mengunjungi blog ini

Balas

sama gan, kadang jika Android saya lemot nya kebangetan langsung saya factory reset.

Balas

maksudnya jika ada aplikasi yang sudah tidak digunakan lalu di nonaktif kan / dipaksa berhenti agar tidak membebankan RAM dan membuat hp agan lemot

Balas

hahaha, kasus nya seperti yang dialamin temen saya gan

Balas
This comment has been removed by the author.

Silahkan Bebas Berkomentar