Clash Royale VS Clash of Clans, Mana Yang Lebih Seru?

February 26, 2017

Halo guys, bertemu lagi dengan saya! Kali ini saya akan membagikan bagus mana sih games Clash Royale dengan games yang lebih dulu berkembang yaitu Clash Of Clans atau yang biasa di sapa dengan sebutan COC. Nah, sebelum kita mulai membahas 'pertarungan' antara Clash of Clans dan Clash Royale, sekadar informasi bagi Anda yang mungkin belum tahu, Clash Royale saat ini sudah dirilis secara global untuk Android dan iOS. Keduanya dibuat oleh developer yang sama yakni Supercell. Ya, Supercell memperkenalkan Clash Royale sebagai game 'lanjutan' dari Clash of Clans. Tampil sebagai game real time multiplayer, Clash Royale mengusung sejumlah karakter turunan dari Clash of Clans. Yang membedakan keduanya adalah gameplay. Nah, kira-kira bagaimana bila kedua gim diadu secara head-to-head ? Inilah dia

Perbedaan Clash Of Clans dengan Clash Royale


1. Serupa Tapi Tak Sama

Di bawah satu developer yang sama kedua game ini bersaing ketat di Apple Store dan Google Play Store. Terhitung ketika artikel ini ditulis, Clash Royale menduduki posisi puncak sebagai aplikasi berpendapatan terbesar secara harian di Indonesia. Dari segi gameplay, kedua permainan ini tampil berbanding terbalik. Clash of Clans tampil dengan genre game strategi yang mengharuskan setiap player membangun sebuah desa, melatih pasukan, dan kemudian mengirimnya untuk menghancurkan desa.

Clash Royale, game penerus CoC Lalu bagaimana dengan Clash Royale? Menggabungkan collectible card game (CCG), tower defense, dan strategi, player dituntut membentuk kumpulan kartu yang akan digunakan untuk menghancurkan menara dan kastil lawan, sekaligus mempertahankan diri dari serangan lawan.

Jika di Clash of Clans player diminta meningkatkan level Town Hall untuk mendapat akses berbagai unit, di Clash Royale, untuk meningkatkan level kartu, player harus mengumpulkan jenis kartu yang sama. Kartu ini bisa didapat dari peti atau dengan cara membeli di Shop. Lalu sama seperti Clash of Clans, Clash Royale pun mempunyai fitur Clan.

2. Gameplay

Bila gameplay keduanya tampil berbanding terbalik, karakter-karakternya malah sama. Anda yang bermain Clash of Clans pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter seperti Giant, Goblin, Archer, Musketeer, Skeleton, Dragon, dll. 

Seperti di Clash of Clans, setiap karakter atau kartu di game memiliki statistik yang berbeda, mulai dari hitpoints, damage, targets, range, damage per second, hit speed, speed, dan deploy time. Dengan statistik berbeda, Anda harus mengatur strategi untuk memberikan damage besar dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Bedanya, bila di Clash of Clans, sobat harus menaikkan level town hall untuk mendapatkan akses ke tiap karakter, sedangkan di Clash Royale Anda bisa mengakses, mendapatkan, dan meningkatkan level kartu yang bisa didapat dari
chest (peti).

Tampil dalam bentuk kartu, karakter di Clash Royale dibagi menjadi tiga jenis kartu yaitu common, rare, dan epic. Sesuai dengan jenisnya, tiap kartu bisa didapatkan dengan mudah atau pun sulit.

Lalu jika di Clash of Clans elixir dan gold digunakan untuk melakukan upgrade gedung (buildings), di Clash Royale Anda juga akan menemukan elixir yang digunakan untuk mengirim (deploy) pasukan ke medan perang dan gold yang digunakan untuk membeli kartu dan melakukan upgrade kartu.

3. Karakter

Rasanya saya tidak harus menyebutkan satu per satu karakter yang biasa kamu mainkan dalam COC. Kamu pasti sudah familiar dengan Barbarian, Archer, Goblin Giant, dan Wizard. Serta masih banyak lagi pasukan lain yang bisa kamu dapatkan dengan terus menaikan level Town Hall desa kamu.

Nah, dalam Clash Royale kamu pun akan menemukan beberapa karakter yang biasa kamu mainkan di COC. Bedanya, setiap karakter bisa kamu unlock dengan cara mengalahkan lawan untuk mendapatkan Chest yang isinya kartu untuk dikoleksi.

Dalam Chest, kamu bisa menemukan kartu baru yang bisa di gunakan untuk upgrade kartu lama, atau bahkan membuka pasukan baru. Setiap karakter memiliki hitpoints , damage, targets, range, damage per second, hit speed , dan deploy time yang berbeda. Nah, kamu dituntut untuk mengatur strategi agar bisa memberikan damage yang besar dan cepat bagi
lawan.

Di Clash Royale kamu akan tetap menemukan Gold dan Elixir. Elixir di gunakan untuk mengeluarkan pasukan (deploy), dan Gold digunakan untuk upgrade pasukan, serta melakukan Battle.

4. Shop

Walau kedua game tampil dengan fitur Shop, player di Clash of Clans bisa membeli berbagai hal cukup banyak mulai dari gems, gold, dan elixir di Treasure. Berbagai jenis bangunan bisa player gunakan untuk meningkatkan jumlah resource, unit tentara, pertahanan, dekorasi, dan pelindung.

Sementara di Clash Royale, Shop tampil lebih sederhana. Di sini player bisa membeli berbagai jenis kartu, peti harta karun, gems, dan gold.

5. Clans

Meski sama-sama menampilkan fitur Clans, keduanya memiliki perbedaan yang cukup terasa. 

Fitur clan di Clash of Clans difungsikan sebagai tempat bagi para clasher untuk meminta bantuan unit tambahan saat sedang nge-raid Town Hall orang lain, ataupun untuk melindungi desa saat Anda log off. Anda juga bisa memberikan donasi juga kepada clasher satu Clan sobat.

Menariknya lagi, di Clash Royale anda bukan cuma bisa memberikan donasi, tetapi juga melakukan friendly battle. Sayangnya di Clash Royale anda tidak bisa meminta bantuan kepada rekan satu Clan sobat saat sedang battle.

So, secara keseluruhan kedua permainan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dengan gameplay, fitur, dan grafis yang lebih 'segar', Clash Royale lebih menantang dan seru untuk dimainkan ketimbang Clash Of Clans.

6. Tujuan

Seperti disinggung di atas, tujuan bermain game Clash Royale berbeda dengan Clash of Clans. Jika pada Clash of Clans kamu bertujuan untuk membangun desa, dalam Clash Royale tujuanmu adalah menghancurkan raja lawan yang dilindungi oleh tower pertahanan di sampingnya. Kamu bisa langsung menyerang raja, atau menghancurkan pertahan lawan
terlebih dahulu agar mendapatkan nilai sempurna di setiap putarannya.

Gimana, menarik bukan Clash Royale ini? Sayangnya pengguna Android masih harus bersabar sedikit lebih lama untuk bisa menikmati game terbaru dari Supercell ini. Kabarnya paling lama Clash Royale akan berada dalam tahap beta selama 1 bulan bagi pengguna iOS.

Jadi kita harus menunggu minimal hingga pertengahan bulan depan untuk mulai memainkan game ini di perangkat Android. Sambil menunggu game Clash Royale tersedia, mending kamu mainkan dulu Clash of Clans yang tak kalah seru dengan Clash Royale.


Update !!!

Games Clash Royale sudah resmi di rilis dan sudah bisa dimainkan di Perangkat Android maupun iOS.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

1 comment

Silahkan Bebas Berkomentar