Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Tanpa Sisa

March 02, 2017
Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Tanpa Sisa

Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Tanpa Sisa - Halo guys bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membagikan tips  Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Tanpa Sisa.

Siapa yang tidak kenal dengan Sistem Operasi Android? Android adalah sistem operasi yang  dikelola oleh Google. Android ini selalu menghadirkan sesuatu kemewahan dan banyaknya  aplikasi yang disediakan didalamnya, yang bisa kalian download di Google Play Store.


Tersedia beragam aplikasi yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar. Sehingga tak heran anda menginstal banyak aplikasi di gadget kalian dan membuat performa Android kalian menurun yang akan membuat gadget anda lemot.

Biasanya orang jika sudah bosan dengan aplikasi tertentu maka dia akan menghapus / meng Uninstall aplikasi tersebut. Cara yang biasa digunakan menguninstal atau menghapus sebuah aplikasi yang terinstal sudah di sediakan di perangkat android kamu. Dengan cara, masuk ke Pengaturan -> Manajer aplikasi -> Pilih aplikasi yang akan di hapus -> Lalu pilih Uninstall.

Dengan cara penghapusan seperti itu, belum membersihkan semua berkas-berkas yang terinstal. Sehingga masih banyak berkas yang masih tertinggal, sperti cache, database, dll. Sehingga membuat smartphone kamu menjadi lambat.


Jadi, diperlukan cara untuk menghapus aplikasi sampai bersih tanpa ada lagi sisa yang tertinggal. Saya akan berikan tips untuk kalian. Langsung saja ini dia

Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Tanpa Sisa


Setidaknya dengan menghapus aplikasi dengan tata cara yang benar smartphone Android kamu akan lebih mantap dan kapasitas penyimpanan / SD Card tidak terisi dengan file-file tidak berguna, maka dari itu kamu perlu memperhatikan akan hal ini, karena ini merupakan salah satu kegiatan perawatan kecil yang berguna untuk menjaga performa smartphone Android kesayangan kamu dalam performa terbaiknya, oke langsung saja  simak baik-baik caranya berikut ini.

Cara Uninstall Aplikasi Android Tanpa Root

1. Clear Data / Clear Cache Terlebih Dahulu

Setiap kali kamu akan menghapus aplikasi atau proses uninstall sebaiknya kamu dahulukan menghapus cache maupun data aplikasi tersebut yang dimana memang masih tersimpan jika kamu hanya langsung menghapus /uninstall aplikasinya saja, perlu di perhatikan akan hal ini karena jika kamu terlalu sering menghapus aplikasi dari berbagai macam aplikasi yang berbeda, terutama aplikasi yang banyak menyimpan data, tentu saja kapasitas penyimpanan external/internal akan menjadi sesak karena data-data yang tidak berguna.

2. Pantau SD Card

Setelah proses uninstall kamu lakukan dengan melakukan clear data dan clear cache terlebih dahulu, tapi kamu jangan lengah walaupun hal tersebut sudah kamu lakukan, nah yang perlu kamu lakukan sekarang yaitu memantau SD Card kamu, coba cek apakah ada file maupun folder yang tidak digunakan oleh aplikasi manapun? jika iya sebaiknya kamu hapus saja karena data tersebut merupakan data yang sudah tidak berguna lagi, tapi akan lebih leluasa jika smartphone kamu dalam keadaan root, karena kamu dapat menghapus data tidak berguna di area system.

Cara Uninstall Aplikasi Untuk Android Yang Sudah di Root


Jika kamu salah satu pengguna OS Android yang sudah dalam keadaan root, sebaiknya kamu pergunakan aplikasi SD Maid yang dimana berguna untuk membantu kamu dalam mengetahui data mana saja yang sudah tidak berguna lagi, atau sering disebut dengan data "Corpse" aplikasi ini akan membantu kamu dalam membantu pembersihan, jadi jika kamu salah satu root user wajib coba deh aplikasi SD Maid, ya ini cuman rekomendasi saja sih. Masih banyak aplikasi lainnya. Ini hanya sekian dari ratusan aplikasi yang ada di  Google Play Store. Tentunya masih ada tool aplikasi lainnya yang lebih baik dari ini. Semua aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Tambahan : Gunakan juga aplikasi Clean Master. Clean Master juga bisa membantu dalam mengoptimalkan kinerja android. Fitur yang ada di Clean Master, antara lain Junk Files, Memory Boost, Privacy, App Manager, dll.

Saya sendiri mengkombinasikan aplikasi SD Maid  dengan Clean Master. SD Maid saya gunakan untuk menghapus aplikasi, sedangkan clean master saya gunakan untuk menghapus cache dari beberapa aplikasi. Seperti aplikasi yang sudah di uninstal dan junk files.

Demikianlah artikel kali ini daro saya tentang cara uninstal aplikasi android denhan baik dan benar tanpa sisa, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

No comments

Silahkan Bebas Berkomentar