Kartu Memori Anda Rusak / Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaiki nya

11:09 AM

Kartu Memori Anda Rusak / Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaiki nya - Halo guys bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membagikan tips dan tutorial Cara Memperbaiki Kartu Memori / Kartu SD yang Rusak.

Kartu SD (SD Card) atau yang biasa disebut memori eksternal merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan saat ini. Walaupun sudah banyak gadget yang mempunyai memori internal besar, tetap saja pengguna nembutuhkan memori eksternal (MicroSD) untuk menyimpan data-datanya.

Mungkin kamu pernah mengalami masalah memori tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca pastinya akan menyulitkan kita memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut. Kini banyak kasus yang dialami pengguna smartphone yaitu kartu sd nya rusak pada hp android.

Sayangkan, bila didalam memori terdapat hal-hal penting dan berkas-berkas berharga, foto-foto kamu saat masa kecil misalnya, dan sebagainya. Perlu kita ketahui, bahwa tidak semua kartu memori yang sudah tak terbaca di smartphone android atau di ponsel lainnya sudah tidak bisa digunakan lagi alias rusak. Beberapa memory card hanya membutuhkan beberapa sentuhan atau settingan maka akan berguna kembali sebagaimana mestinya. Tapi jika dibandingkan beli lagi, dan membuat berkas kalian hilang. Berikut saya akan bagikan Cara Memperbaiki Memori yang Rusak atau Tidak Terbaca. Langsung saja ini dia. 

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak atau Tidak Terbaca

Diantara aktifitas yang mengakibatkan kartu memori rusak atau tidak bisa menampilkan isi yang berada di kartu memori tersebut adalah kartu memori yang sering dipindah-pindah dari satu HP ke HP yang lainnya. Hal ini biasanya memicu rusaknya permukaan lempengan kuning (garis-garis kuning) pada kartu memori tersebut, sehingga HP tidak dapat lagi membaca keberadaan kartu memori ini, dalam hal ini untuk menampilkan file yang terisi di dalamnya.

Hanya saja jika kerusakan kartu memori ini sudah terpotong, terlipat, dan atau terkena cairan keras, maka hal ini mustahil untuk diperbaiki. Namun, jika hanya file atau data digital di dalamnya yang rusak, maka masih terbuka peluang kemungkinan kartu memori ini bisa diperbaiki.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam memperbaiki kerusakan atau data tidak terbaca di kartu memori.

Cara 1 : Membersihkan Kartu Memori
  • Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
  • Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih.
  • Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.
Cara ini tergolong memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat nya terlebih dahulu, banyak yang berhasil menggunakan cara ini Jika cara diatas belum menyelesaikan masalah anda coba cara berikut nya.

Cara 2 : Melakukan Format dari Android
  • Masuk ke menu SettingStorage.
  • Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card / Format Kartu SD. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.
Jika cara diatas belum berhasil, silahkan coba cara berikutnya.

Cara 3 : Cek Error dari PC
  • Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  • Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC) , bukan Media transfer mode (MTP) .
  • Buka Windows Explorer , klik kanan pada Drive kartu memori, pilih PropertiesTools > Error Checking , tunggu hingga semua proses selesai.
  • Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.
Jika cara diatas belum juga berhasil, silahkan coba cara terakhir dibawah ini.

Cara 4 : Format dari PC

Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:
  • Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  • Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
  • Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  • Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.
  • Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.
Jika masih gagal juga, coba ulangi kembali langkah-langkahnya. Atau beli lagi memori yang baru, Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

No comments

Silahkan Bebas Berkomentar