Macam-Macam Aplikasi Pengolah Kata

2:02 PM

Pada jaman sekarang orang-orang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata berfungsi untuk membuat dokumen, surat, brosur dan masih banyak lagi. Aplikasi Pengolah kata ada bermacam-macam jenisnya. Fasilitasnya pun bermacam-macam. Kali ini saya akan membagikan beberapa macam aplikasi pengolah kata, sebagai berikut :

Macam-Macam Aplikasi Pengolah Kata


1. Microsoft Word


Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini terdapat dalam satu paket Microsoft Office. Microsoft Word telah mengalami banyak perkembangan mulai Microsoft Word 1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, hinggq Microsoft Word 2013. Microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar Microsoft Word lebih mudah untuk digunakan.


2. StarOffice Writer

StarOffice Writer adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatform. Artinya, dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, seperti Window, Linux, dan MC. Os (Apple). Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word. Adapun perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, dan StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstensi *odt masih bisa diubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Window s dan MC. Os (Apple).


3. Open Office Writer

Hampir sama dengan Ms. Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi), sehingga dapat didistribusikan secara bebas dan gratis. Open Office Writer tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word. Dokumen yang dibuat antara lain naskah surat, buku laporan, berita browser, dan lain-lain. Dokumen Open Office Writer secara default akan disimpan dengan format file open dokumen dengan ekstensi *odt atau dapat disimpan dengan format lain seperti *doc, *html, *xhtml, dan lain-lain. Open Office Writer juga dilengkapi  fitur bawaan "Export As Pdf" , sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke pdf.


4. AbiWord


AbiWord adalah program pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word. Sistem operasi yang mendukung AbiWord antara lain : Windows, Linux, QNX, FreeBSD atau Solaris. AbiWord didesain untuk terintegrasi penuh dengan sistem operasi dimana ia dijalankan karena dapat memanfaatkan fungsionalitas yang disediakan oleh sistem, misalnya pemuatan gambar atau kemampuan pencetakan (print). Program utama AbiWord sangat kecil dan membutuhkan sangat sedikit sumber daya untuk menjalankannya, sehingga memungkinkan dipakai di sistem dengan sumber daya yang terbatas.


5. Word Perfect


Word Perfect merupakan aplikasi pengolah kata dari Corel. Word Perfect memiliki kelebihan seperti kode streaming arsitektur,  Reveal Codes fitur, dan sangat user-friendly makro untuk bahasa scripting. Program Word Perfect juga mampu membaca file dari Ms. Word.


6. KWord

KWord memiliki kesamaan dengan Open Office Writer dan AbiWord,  yakni sama-sama berlisensi GPL, sehingga aplikasi pengolah kata ini gratis. KWord dikembangkan oleh KDE (K Dekstop Environment) yang merupakan lingkup dekstop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Meskipun demikian, KWord juga dapat berjalan di sistem operasi Windows dan MC. OS. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah jiplakan dari Microsoft Word tetapi fungsi dari KWord yang sama dengan Microsoft Word pada Windows.


7. Chi Writer

Chi Writer adalah program pengolah kata yang biasanya digunakan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar layar sampai 254 kolom dan tersedia nya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit, bukan pada tampilan visual hasil.


8. Word Star

Word Star adalah sebuah aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh Micro Pro Internasional. Aplikasi ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan Word Star hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan mesin ketik kala itu. Namun saat ini, Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai sehingga semua perintah-perintah di Word Star harus dihafal kan.


Itulah guys beberapa macam aplikasi pengolah kata. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

No comments

Silahkan Bebas Berkomentar