Cara Menghapus File Thumbnails di Android

3:30 PM

Cara Menghapus File Thumbnails di Android Untuk Selamanya - Halo guys bertemu lagi dengan saya di blog myandrotekno, kali ini saya akan membagikan tutorial cara menghapus file thumbnails di Android.

Mungkin kalian kebingungan sebab memori internal kamu penuh padahal di Android kamu sangatlah sedikit aplikasi yang terinstal, dan juga file yang tersimpan di Android kamu seperti musik, foto, dan file lainnya. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa memori internal kita bisa penuh? Padahal sangatlah sedikit aplikasi yang terinstal. Hal itu disebabkan oleh file .thumnails yang menumpuk.

Apa itu file thumbnails? File thumbnails merupakan sebuah file cache atau sampah dari aplikasi galeri di handphone android kita, biasanya thumbnails ini terletak di memory telepon / SD Card -> DCIM -> .thumbnails dan biasanya file thumnails ini memuat beberapa gambar gambar yang relatif beresolusi kecil.

Namun kenapa file ini bisa membengkak sampai ratusan MB atau bahkan bergiga-giga, hal itu disebabkan oleh kegiatan sehari-hari anda seperti memotret atau mengambil foto, membuka galeri, melihat-lihat foto dan sebagainya.

Baca Juga :

Fungsi dari file thumbnails ini sebenarnya adalah untuk mempercepat kinerja saat kita membuka galery agar saat kita membuka galery tidak membutuhkan banyak waktu tanpa harus menunggu loading yang relative cukup lama. Namun dalam banyak kasus, orang-orang banyak yang mengeluhkan memori internal mereka kepenuhan gara-gara file tumbnails ini.

Nah maka dari itu kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian agar file thumnails tersebut dapat terhapus dan tidak akan kembali lagi alias selamanya. Tanpa basa-basi langsung saja kita mulai, berikut ini tutorial nya.

Cara Menghapus File Thumbnails di Android untuk Selamanya

1. Langkah pertama kalian hapus terlebih dahulu folder .thumbnails yang terletak pada SD Card -> DCIM -> Thumnails. Jika tidak ketemu silahkan aktifkan terlebih dahulu fitur aktifkan tampilkan file tersembunyi.

2. Jika file thumbnail sudah terhapus kemudian kalian cari file sembarang yang nantinya kita ganti namanya menjadi file .thumnails palsu. Contohnya saya menggunakan file facedata yang terletak di SD Card -> .face -> facedata.

3. Kemudian file facedata tadi silahkan kalian tekan sampai muncul berbagai pilihan kemudian pilih Ganti Nama.

4. Lalu file tadi silahkan kalian ganti namanya dengan .thumbnails kemudian klik ok.

5. Selanjutnya kalian tekan file tadi sampai muncul berbagai pilihan lalu klik tombol Pindahkan.

6. Kemudian pindahkan file tadi ke folder SD Card -> DCIM -> ...... lalu klik Pindahkan Disini.

7. Selesai.

Setelah cara ini dilakukan maka folder thumbnails tidak akan muncul lagi dan tidak akan membebani memori internal kamu lagi. Sebenarnya masih banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan file thumbnails ini, saya membagikan cara ini karena kalian tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga.

Jika cara ini tidak work atau tidak berpengaruh, mungkin kalian salah dalam mengganti nama file tadi pastikan kalian mengganti nama file tadi dengan nama .thumbnails pakai titik di depannya. Jika belum berhasil, silahkan kalian ulangi lagi dari awal.

Mudah bukan, demikian lah artikel kali ini dari saya tentang cara menghapus file .thumbnails di Android untuk selamanya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Jika ada yang belum jelas atau belum mengerti, silahkan tanya di kolom komentar.
Terimakasih.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

4 comments

iya nih kalau lama lama banyak juga dan makan memori di hp

thanks infonya

Balas

Silahkan Bebas Berkomentar