Macam-Macam Perangkat Komputer yang Sering di Gunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

April 07, 2017
Halo guys bertemu lagi dengan saya di blog My Andro Tekno, kali ini saya akan membagikan macam-macam perangkat komputer, tanpa basa-basi langsung saja kita mulai.

Macam-Macam Perangkat Komputer

1. PC Desktop


Yang pertama adalah PC Desktop (Personal Computer). PC Desktop adalah komputer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop (grafis) dalam keperluan sehari-hari. Aplikasi yang dijalankan umumnya merupakan aplikasi yang membutuhkan kkualitas grafis yang cukup tinggi. PC Desktop memiliki perangkat yang lebih lengkap dibandingkan dengan laptop ataupun Tablet PC.

Sebuah perangkat desktop terdiri atas beberapa bagian, seperti Monitor, CPU, Printer, Mouse, Keyboard, Speaker, dan sebagainya. PC Desktop membutuhkan sistem operasi grafis karena aplikasi yang dijalankan umumnya menuntut antar muka grafis.

PC Desktop dilengkapi dengan Hardisk yang dapat menyimpan sistem operasi, program aplikasi, dan data. Ada juga PC Desktop yang tidak membutuhkan Hardisk yang disebut dengan Diskless workstation. Diskless workstation membutuhkan jaringan dengan sistem operasi UNIK dan Windows NT.

2. Notebook


Notebook adalah komputer yang berukuran sebesar buku catatan maka komputer ini dinamai dengan Notebook. Awalnya notebook ini disebut laptop namun karena ini lebih mirip mirip dengan buku catatan yang bisa dibawa kemana-mana dan lebih ringan daripada laptop maka dinamai notebook. Notebook umumnya mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 1/2 x 11 inci, tebal berkisar 1 - 1 1/2 inci, dan berat berkisar 1-6 kg. Notebook ini lebih hemat baterai.

3. Tablet PC


Tablet PC adalah suatu portable komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar.

Ciri utama yang paling menonjol pada sebuah tablet PC adalah penggunaan layar sebagai piranti masukan yang menggunakan ujung jari tangan, stylus, maupun pena digital. Selain itu, ukuran tablet yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer PC maupun laptop. Selain menggunakan layar sentuh, tablet PC juga menggunakan keyboard dan mouse bongkar pasang seperti halnya dengan komputer biasa.

Tablet kebanyakan digunakan untuk browsing, chatting, serta mengirim dan menerima surat elektronik (email). Tablet juga bisa digunakan layaknya handphone untuk menerima dan melakukan panggilan telepon serta mengirim dan menerima SMS. Fitur lain yang biasa disematkan vendor pada tablet adalah kamera digital yang bisa digunakan untuk mengabadikan gambar maupun video.

4. Thin Client



Thin client adalah perangkat komputer kecil atau ramping atau tipis dengan biaya rendah, dan mudah dikelola secara terpusat di server tanpa CD-ROM, disket dan hardisk. Gagasannya adalah untuk membatasi kemampuan komputer pada umumnya dari aplikasi lain yang seharusnya tidak digunakan. Thin client ini tidak rentan terhadap serangan malware bahkan pada merk tertentu tidak rentan terhadap virus yang berbahaya, memiliki daya tahan hardware lebih lama, penggunaan daya listrik yang sangat kecil dengan harga yang lebih murah.

Thin client juga dapat disebut sebagai suatu perangkat dengan aplikasi perangkat lunak yang menggunakan model client-server dimana server melakukan semua proses tersebut. Thin client dapat menjadi solusi biaya-efektif untuk bisnis atau organisasi yang memerlukan beberapa komputer yang semuanya melakukan hal yang sama.

5. Bare Bone


Barebone adalah komputer yang setengah jadi atau yang terdiri dari casing, power supply,  motherboard, dan juga sistem pendingin (cooling device). Barebone atau disebut juga komputer personal yang dijual secara terpisah dari perangkat lain seperti monitor, keyboard,  dan mouse. Bare bone PC biasanya cuma berupa kotak CPU yang sudah berisi Motherboard, Prosessor, RAM dan Hardisk seperti layaknya komputer biasa.

Nah itulah guys beberapa macam jenis komputer yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya di kolom komentar.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

3 comments

Mantab gan, menambah pengetahuan kita tentang komputer
^,^ http://kotafilm.blogspot.com

Balas

Bagus untuk para pelajar dan umum yang ingin mengenal tentang pc-notebook, namun semua itu tidak akan maksimal fiturnya tanpa jaringan internet yuk beli kuota untuk di http://wahyucellsurabaya.esy.es agar tetap bisa internetan :)

Balas

Silahkan Bebas Berkomentar