Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

October 25, 2017
Cara Mengatasi dan Mendinginkan Hp Android yang Cepat Panas
Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas - Hp yang panas kerap menjadi persoalan oleh banyak orang, khususnya pengguna Android. Masalah yang cukup sepele ini ternyata memiliki dampak untuk penggunannya. Selain mengganggu kenyamanan pengguna, hal ini juga menyebabkan baterai kita menjadi cepat boros. Memang mempunyai hp android kita seharusnya senang. Sebab dengan menggunakan android memiliki banyak kelebihan, contohnya saja fitur serta aplikasi yang beragam. Tetapi dengan menggunakan android, kita juga perlu menjaga suhu android agar tidak cepat panas.

Hp android yang  cepat panas bukanlah sebuah masalah baru, hampir semua merk hp android bisa jadi cepat panas, tidak peduli apa merk dan spesifikasi hp android yang anda gunakan. Penyebab hp cepat panas disebabkan oleh banyak hal. Faktor hp android yang panas kebanyakan disebabkan oleh pemakaian sehari-hari yang tidak wajar.
Baca Juga : 14 Ciri Powerbank yang Bagus dan Aman Untuk Gadget Kamu
Sebenarnya hp android yang panas ini merupakan masalah yang wajar, tetapi bila hp kamu memiliki panas yang berlebih alias overheat, kita perlu waspada. Sebab jika kamu tidak segera ambil sikap, bisa-bisa hp kamu menjadi cepat rusak atau bahkan meledak. Ada banyak sekali tips untuk mencegah maupun memperbaiki hp android yang cepat panas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya selaku admin dari My Andro Tekno akan memberikan tips sederhana cara mengatasi hp android cepat panas. Tips yang akan kami berikan terbagi menjadi 7 macam. Apa saja sih cara mendinginkan hp android yang panas? Selengkapnya kalian bisa simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Sesungguhnya untuk mencegah atau merawat suhu pada hp android ini tidak susah. Kalian bisa simak tips cara mendinginkan hp android yang panas sebagai berikut.

1. Perhatikan Baterai

Salah satu faktor penyebab terjadinya hp android yang cepat panas terdapat di sektor baterai. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Seperti jenis baterai yang kamu gunakan, produk asli atau palsu. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja ponsel mu. Sebab jika hp mu sering cepat panas, ngehang, dan boros baterai, mungkin penyebab masalah tersebut terletak pada baterai yang kamu gunakan adalah baterai palsu alias kw. Berbeda jika kamu menggunakan baterai original atau asli dari pabrik, biasanya ketika digunakan jarang sekali yang mengalami masalah pada baterai. Dan juga jika dirasa baterai mu sudah mengalami penuaan dan tidak layak pakai, kamu bisa mengganti baterai dengan cara membeli baterai di konter atau gerai terdekat.

2. Jauhkan Hp dari Benda yang Bersifat Panas

Jangan pernah meletakan ponsel anda ketempat atau benda yang bersifat atau memiliki suhu panas. Sebab jika kamu membiarkan hp milikmu pada benda atau tempat disekitarmu yang memiliki panas yang cukup tinggi, maka bisa dipastikan suhu baterai pada ponsel akan meningkat. Alhasil ponsel milikmu pun yang akan menjadi imbasnya. Oleh karena itu mulai sekarang jauhkan hp mu dari benda yang memiliki suhu panas yang cukup tinggi, seperti terpapar sinar matahari, api, diatas televisi. Agar ponsel milikmu bisa memiliki suhu yang terjaga dengan baik.

3. Periksa Aplikasi yang Terinstal

Mungkin yang menjadi penyebab terjadinya panas yang berlebih dan tergolong memiliki waktu yang relatif cepat adalah disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang kamu miliki. Pasalnya aplikasi yang kamu instal, tidak semuanya memiliki kinerja atau kemampuan yang normal. Mungkin terdapat bug di beberapa aplikasi yang pernah kamu pasang, sehingga membuat hp mu menjadi cepat panas. Coba cek dan pantau terus pemakaian baterai disetiap aplikasi yang kamu pasang. Jika terdapat aplikasi yang memiliki masalah maupun boros dalam memakai baterai. Aplikasi itu wajib kamu waspadai. Selain menyebabkan panas berlebih, aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat baterai menjadi cepat habis alias boros. (Baca Juga : Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya)

4. Tutup Aplikasi atau Koneksi yang Sedang tidak di Gunakan

Aplikasi ataupun koneksi di hp androidmu wajib untuk kamu perhatikan. Mungkin hp android milikmu panas sendiri disebabkan oleh aplikasi ataupun fitur yang ada diandroidmu. Sebab jika kamu mengaktifkan aplikasi atau koneksi setiap hari, hal ini akan membuat hp mu menjadi cepat panas. Oleh karenanya biasakan selalu menutup atau menonaktifkan aplikasi, koneksi atau fitur yang sedang tidak dibutuhkan, misal wifi, gps, bluetooth, data seluler, dan lainnya. Dengan ini ponsel mu akan dijauhkan dari masalah hp cepat panas.

5. Hindari Penggunaan Hp Saat Sedang di Charge

Hal ini sering diabaikan oleh beberapa orang, karena menurutnya memakai smartphone saat sedang di cas tidak akan menyebabkan smartphone menjadi panas. Tapi itu adalah jawaban yang sangat tidak tepat. Sebab jika kita memakai atau menggunakan smartphone ketika dicas, hal ini akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas. Sebenarnya penyebab hp panas saat di cas ini, disebabkan oleh penggunaan sehari-hari yang kamu jalani. Untuk itu mulai saat ini jangan pernah menggunakan ataupun memainkan ponsel saat sedang dicharge, seperti membalas pesan, membuka sosmed, ataupun memainkan games. Selain membuat ponsel menjadi cepat panas, hal tersebut juga akan membuat baterai yang miliki menjadi melembung alias membengkak.

6. Pastikan Hp dapat Menjangkau Jaringan yang Baik serta Stabil

Jaringan yang buruk juga menjadi penyebab hp menjadi cepat panas. Jika kalian sudah menerapkan cara sebelumnya, namun tetap saja hp android kalian terasa cepat panas, ini berarti operator atau kualitas jaringan di tempat tinggal anda saat ini sedang bermasalah. Untuk membuat hp android mu agar tidak cepat panas adalah dengan memastikan hp mu dapat menerima koneksi internet yang cepat serta stabil.

7. Istirahatkan Ponsel

Sama halnya dengan kita yang butuh istirahat ketika sudah lama bekerja. Ponsel pun juga begitu, oleh karena itu disarankan untuk mengistirahatkan ponsel dengan cara membatasi penggunaan ponsel setiap harinya. Misalnya saja mematikan ponsel mu 15-30 menit disetiap harinya. Hal ini akan membuat ponsel akan tetap fresh serta performa yang dimiliki akan tetap terjaga.

Penutup

Seperti itulah 7 tips cara mendinginkan hp android yang panas. Kamu bisa coba satu per satu cara yang sudah kami jelaskan diatas. Jika cara satu tidak bekerja atau berpengaruh, kalian bisa coba cara lainnya sampai kalian menemukan penyebab terjadinya hp android yang cepat panas. Baik mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan. Demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas, semoga dengan ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah hp yang cepat panas.

Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Tata Cara Memberi Komentar
    - Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas diatas
    - Gunakan bahasa yang sopan
    - No SPAM ! Please

No comments

Sikap asli mu, terlihat dari cara kamu dalam memberi komentar