Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar

November 25, 2017
Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar - Baterai ibarat sebuah nyawa pada hp, baik itu Android, iOS ataupun hp dengan sistem operasi lainnya. Memang benar tidak ada yang sulit untuk mencharge atau melakukan pengisian baterai hp. Cukup dengan menancapkan charger pada arus listrik, lalu tancapkan ujung charger pada smartphone. Kita hanya perlu menunggunya sampai penuh, dan proses pengecasan pun telah selesai.
Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar
Hal ini bertujuan agar baterai dan smartphone milikmu bisa awet dan tidak cepat rusak. Sehingga dapat menghemat pengeluaran yang kamu kelola.

Bila hp kita cepat ngedrop alias baterai cepat habis, tentunya akan sangat menyusahkan pengguna bilamana smartphone akan digunakan.
Baca Juga : Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya
Dalam melakukan pengisian pada baterai tidak boleh asal-asalan, demi masa hidup baterai dapat bertahan lebih lama.

Kita perlu mengetahui tips serta cara pengisian baterai hp yang benar. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dalam mencharge smartphone. Pada kesempatan kali ini My Andro Tekno akan memberikan beberapa tips cara charge baterai Android yang benar. Selengkapnya kalian bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Pengisian Baterai Hp yang Benar


1. Gunakan Charger Original

Tips pertama yang dapat kamu lakukan supaya baterai bisa awet adalah dengan menggunakan charger original ponsel milikmu. Bila charger bawaan pabrik sudah rusak, jangan pernah membeli charger palsu yang belum terbukti standar keamanan serta dampak untuk ponsel. Meski lebih mahal, lebih baik mengeluarkan uang yang lebih dibandingkan menggunakan charger abal-abal. Bisa-bisa ponselmu nanti yang menjadi taruhannya.

2. Hindari Charge Semalaman

Ini nih yang sering banget menjadi kebiasaan para masyarakat. Sebab bila kita mencharge smartphone pada malam hari, sehingga pagi harinya smartphone dapat digunakan kembali. Meski terlihat cukup sepele, mencharge ponsel semalam suntuk bisa membuat baterai ponsel menjadi cepat rusak ataupun bisa membuat baterai menjadi melembung. Bila bateraimu sudah terlanjur kembung, kalian bisa membaca artikel berikut ini. (Baca Juga : Cara Mengatasi dan Memperbaiki Baterai Hp Melembung)

3. Hindari Tempat Panas

Suhu panas dapat membayakan baterai hp kamu. Selain dapat membuat panas berlebih atau overheat, suhu panas bisa saja membuat ponsel meledak. Oleh karena itu mulai sekarang hindarilah proses pengisian pada tempat-tempat yang memiliki suhu yang panas. (Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas)

4. Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Baterai memang bisa kita isi ulang dengan mudahnya. Akan tetapi bila kita terus-terusan membiarkan baterai hp kita habis sampai 0 %, bisa membuat baterai ponsel menjadi cepat rusak. Alhasil kita perlu membeli baterai baru. Jika sekali dua kali memang belum terasa dampaknya, bila kita menjadikan sebagai rutinitas, tentu akibatnya menjadi cepat terasa. Idealnya dalam mencharge smartphone adalah pada posisi baterai menunjukan angka 20 %.

5. Charge Langsung dari Soket Listrik

Memang tempat untuk melakukan pengecasan ponsel sudah banyak sekali tempatnya. Tidak hanya dirumah dengan menyambungkan langsung ke soket listrik. Sebenarnya hal ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Tapi mungkin banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini. Banyak yang melakukan pengisian tidak melalui soket listrik secara langsung. Misalnya saja dengan perantara USB Komputer, Laptop, ataupun dengan Power Bank. Sebenarnya hal ini tidak kami sarankan, lebih baik lakukanlah charge pada ponsel langsung pada soket listrik secara langsung. Selain menjadikan proses charging lebih cepat, hal ini bisa menambah umur baterai smartphone mu.

6. Jangan Gunakan Smartphone Saat di Charge

Jika tidak penting-penting amat, jangan pernah menggunakan smartphone saat sedang dicas. Selain bisa membuat baterai cepat rusak, kebiasaan ini bisa membuat baterai menjadi cepat bocor.

7. Matikan Smartphone

Tips terakhir yang perlu diperhatikan dalam mencharge ponsel dengan benar adalah dengan mematikan smartphone mu. Cara ini tergolong banyak dilupakan oleh pengguna. Meski begitu, dengan melakukan tips terakhir ini bisa menjadikan bsterai menjadi lebih awet dan proses pengisian pun menjadi lebih cepat.

Penutup

Nah itulah beberapa tips cara charge hp yang benar. Dengan cara ini diharapkan bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak. Selain dapat diterapkan oleh pengguna Android, tips cara charge baterai yang benar ini bisa juga diterapkan oleh semua jenis hp. Baik mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan, demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar. Semoga dapat bermanfaat serta menjadi solusi bagi kalian yang kebingungan mencari berbagai tips cara pengisian baterai hp yang benar.

Saya adalah seorang pelajar yang suka dengan hal-hal baru, seputar teknologi dan suka menjelajahi internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Tata Cara Memberi Komentar
    - Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas diatas
    - Gunakan bahasa yang sopan
    - No SPAM ! Please

1 comment

This comment has been removed by a blog administrator.

Sikap asli mu, terlihat dari cara kamu dalam memberi komentar