Penyebab dan Cara Menjaga Supaya Smartphone Tidak Meledak

Penyebab dan Cara Menjaga Supaya Smartphone Tidak Meledak - Masih ingat dengan tragedi dimana smartphone flagship milik perusahaan besar Samsung meledak? Apa kamu ingin mengalami kejadian seperti itu? Tentunya tidak bukan!
Penyebab dan Cara Menjaga Supaya Smartphone Tidak Meledak
Dalam beberapa kasus, ponsel meledak terjadi bukan hanya disebabkan oleh faktor hadware saja, tetapi juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna.
Baca Juga : 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pengguna Android
Oleh karena itu bagi kamu yang ingin menghindari dan tidak ingin mengalami nasib yang sama yaitu ponsel meledak, kali ini My Andro Tekno akan memberikan beberapa tips sederhana menjaga smartphone supaya tidak meledak.

5 Tips Agar Smartphone Tidak Meledak


1. Gunakan Baterai dan Charger Original

Penggunaan baterai dan charger asli alias original sangat penting untuk diperhatikan. Tetapi banyak juga yang menyepelekan akan hal ini. Bila baterai atau charger bawaan pabrik milikmu sudah rusak, kami sarankan lebih baik membeli baterai atau charger asli sesuai merk dan jenis hp milikmu. Meski lebih mahal sedikit, hal ini berguna untuk menjaga supaya baterai dan smartphone supaya lebih aman serta tahan lama. (Baca Juga : Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar)

2. Tidak Membiarkan Charger Tetap Terhubung Ketika Baterai Sudah Penuh

Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan baterai smartphone menjadi meledak. Tidak hanya itu saja, ada juga dampak lain yang lebih ringan. Yaitu baterai menjadi lebih cepat habis dan baterai menjadi kembung. Jadi kalian sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan mu yang satu ini.

3. Jangan Gunakan Baterai yang Sudah Rusak atau Cacat

Tips ketiga adalah jangan pernah gunakan baterai yang sudah mulai rusak atau cacat. Mengapa? Karena hal ini bisa saja akan menyebabkan arus pendek atau reaksi lainnya sebab baterai tersebut performa dan kinerja yang dimiliki sudah berkurang. Alangkah lebih baik selalu cek apakah baterai masih layak dan baik untuk digunakan, atau sudah tidak layak. Bila dirasa telah rusak, silahkan kalian beli dan ganti yang baru dan juga perhatikan keaslian yang dimiliki (original).

4. Jangan Memainkan Smartphone Saat Sedang Dicharge

Nah kebiasaan yang satu ini sering banget dilakukan. Entah alasan apapun itu. Misalnya saja karena tanggung atau lainnya. Pasalnya hal ini bisa memperpendek umur baterai. Dan paling fatal bisa membuat smartphone milikmu meledak dengan seketika. Untuk itu hilangkan atau kurangi kebiasaan yang satu ini. Selain membuat proses pengecasan baterai menjadi lebih cepat, hal ini juga demi menjaga smartphone yang kamu punya lebih awet dan tetap terjaga. (Baca Juga : Cara Membuat Pengecasan Hp Lebih Cepat Penuh)

5. Jangan Letakan Smartphone pada Tempat dengan Suhu Panas

Memang kebiasaan ini jarang sekali terjadi. Tetapi bisa saja terjadi semisal ingin membantu ibu kamu memasak, dan meletakan hp mu didekat kompor. Hal ini tentu akan membuat suhu dari baterai menjadi ikut panas. Ada beberapa tempat yang sering digunakan untuk meletakan ponsel dan berpotensi menyebabkan ponsel meledak, seperti dilaci mobil, disaku celana, ditas tertutup dengan kondisi data seluler yang menyala, dan tempat-tempat lainnya. Sepele memang! Tetapi bila kamu lalai dan lupa, bisa saja kejadian ini dapat terjadi. Untuk itu pastikan kalian selalu meletakan ponsel pada tempat dengan suhu yang aman. (Baca Juga : Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas)

Tips diatas tidak bisa menjamin hp kalian tidak bisa meledak. Tetapi dengan tips diatas bisa kamu jadikan referensi untuk menjaga smartphone kalian supaya tetap aman, awet, tahan lama dan menghindari dari bahaya smartphone meledak.

Penutup

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan, demikianlah artikel kali ini dari saya mengenai Penyebab dan Cara Menjaga Supaya Smartphone Tidak Meledak. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You may also like:

No responses yet for "Penyebab dan Cara Menjaga Supaya Smartphone Tidak Meledak"

Post a Comment

Sikap asli mu, terlihat dari cara kamu dalam memberi komentar